Penamaan pada Algoritma Google

Advertisemen
Penamaan Algoritma Google pertama kali dicetus oleh salah satu user di sebuah forum online WebMaster World (WMW). Seperti layaknya sebuah badai , Nama yang diberikan disesuaikan dari seberapa besar efek yang ditimbulkan algoritma  tersebut terhadap hasil pencarian Searh Engine. Boston, Cassandra, Dominic, Esmerelda, Florida, beberapa nama yang pernah dipakai menjadi nama dari Algoritma google.


Hingga kini ada banyak nama yang digunakan untuk penamaan sebuah algoritma. Beberapa cukup terkenal karena mempunyai efek yang besar terhadap hasil pencarian mesin pencari, Seperti:

-Google Panda
Tidak seperti panda yang kita ketahui, lucu, imut, dan menggemaskan. Panda yang satu ini sempat membuat heboh dunia blogger karena amukannya. Banyak blog bertumbangan akibat ulahnya. Sejak dipublikasikannya sekitar awal tahun 2011, Google Panda sudah mengalami beberapa peningkatan. Algoritma ini dirancang sedemikian rupa oleh para staf google, sehingga hanya fokus terhadap kualitas sebuah konten. Dimana ketika sebuah konten dianggap tidak memenuhi syarat ,langsung akan ditenggelamkan olehnya. Beberapa jenis konten yang "dipastikan" akan terkena dampaknya, seperti:
- Biasa disebut "Thin Content", Dimana sebuah artikel yang hanya berisi beberapa kalimat dengan segudang kata kunci yang tidak bermakna, terdiri dari sedikit halaman, serta dalam sebuah halaman hampir 80 persen dipenuhi oleh iklan. Blog yang memiliki konten seperti ini sudah otomatis akan terjun bebas ke peringkat terbawah hasil pencarian Search Engine.
- Duplicate Content, Membuat konten yang sama, ntah itu duplikasi konten yang berasal dari satu blog yang bertujuan untuk mengincar sebuah kata kunci tertentu ataupun dari blog lain yang biasa disebut plagiat.  Hal ini sangat tidak disukai oleh si Panda.

-Google Penguin
Algoritma yang lebih fokus terhadap kualitas sebuah link masuk. Kualitas baclink ditentukan dari mana asal link tersebut,  backlink dapat dikategorikan berkualitas jika link tersebut berasal dari situs web / blog yang berkualitas pula. Algoritma yang lahir pada petengahan tahun 2012 ini tidak semata mata hanya melihat kualitas sebuah link, tapi juga melihat kewajaran dari backlink tersebut.

-Google Hummingbird
Layaknya burung kolibri yang mempunyai kepakan sayap yang cepat dan ketepatan dalam melihat, algoritma ini pun mempunyai kemampuan menyaring blog yang cepat dan tepat. Responsive yang berarti multi divice , enak dikunjungi lewat dekstop maupun via mobile. Tepat yang berarti adanya keselarasan antara kata kunci, judul, dan isi artikel, jadi ketika seorang visitor mencari sesuatu dengan menggunakan keyword tertentu di Google Search akan mendapatkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hummingbird akan membantu blog yang memenuhi syarat tersebut naik kepermukaan dan akan membiarkan blog yang tidak memenuhi syarat tetap di dasar hasil pencarian mesin pencari (google).

Seperti yang sudah saya sampaikan, nama Algoritma Google sangatlah banyak, itu dikarenakan para staff google selalu memperbaiki "rumus" search engine milik mereka (Google) setiap harinya. Caffein, Pigeon, Pirate, hingga yang terbaru yaitu "Google Fred", beberapa update-an "kecil" Algoritma dari Google yang cukup mepengaruhi SERP.
Mungkin sekian dulu dari saya, maaf jika belum lengkap.
Terima kasih sob, atas kunjungannya dan maaf jika waktu kalian terbuang sia-sia karena membaca artikel ini.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments