Teknik SEO "Orang Baru" untuk Pemula

Advertisemen
Hai sob, membuat blog baru menjadi SEO bukan pekerjaan yang mudah. Akan tetapi membangun SEO lebih baik sedini mungkin, agar semakin bertambah umur blog , semakin bertambah pula nilai SEO nya.
Search Engine Optimization (SEO) bisa dibilang teknik untuk membuat sebuah blog ramah search engine dan menempatkan blog di posisi teratas, atau setidaknya berada pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu pada search engine (Google,BING,Yahoo,...).



Pada dasarnya tidak ada teknik khusus agar sebuah blog menjadi SEO secara instant, sekalipun ada hanya orang-orang tertentu saja yang melakukannya.
Semakin berkembangnya Algoritma sebuah Search Engine, semakin sulit juga memanipulasi sebuah blog agar bisa berada di peringkat pertama hasil pencarian sebuah Search Engine.
Blog yang SEO mempunyai beberapa manfaat, salah satunya peluang mendapatkan pengunjung semakin besar.
PageRank yang menentukan blog mana yang lebih "Bermanfaat" untuk pembaca dimata Search Engine (Mesin Pencari). PageRank memiliki nilai dalam skala 1-10, semakin tinggi nilai yang didapat semakin besar kemungkinan untuk berada pada peringkat pertama hasil pencarian.
Beberapa Teknik SEO "Orang Baru" (seperti saya) ini mungkin bisa jadi pedoman Blogger "Muda" untuk belajar SEO yang (mungkin) baik dan benar.
-Artikel yang kaya menjadi modal penting untuk meningkatkan nilai SEO. Beberapa faktor penting penunjang sebuah artikel yang baik,adalah
  1. Keakuratan Konten merupakan hal yang sangat penting dalam membuat sebuah artikel. Dimana semakin akurat artikel tersebut, semakin terpercaya blog tersebut.
  2. Ukuran Font yang tepat sangat membantu , terutama dalam hal "kenyamanan". Ukuran Font yang tidak sesuai (Kebesaran/Kekecilan) akan membuat pembaca/pengunjung tidak betah berlama-lama di blog kita.
  3. Gambar yang sesuai tidak hanya dapat mempercantik artikel, juga bisa membantu mempertegas isi artikel tersebut. Ukuran gambar juga berpengaruh untuk "kenyamanan" pembaca.
  4. Usahakan kurangi kesalahan dalam Penulisan. Sebaiknya pakai bahasa/kata yang umum, agar mudah dimengerti.
  5. Meskipun hanya sebuah sapaan , Berinteraksi dengan pembaca sangat dianjurkan agar antara penulis dan pembaca terasa dekat.
-Penempatan dan pemakaian Keyword atau kata kunci yang tepat sangat mempengaruhi nilai Pagerank sebuah blog. Menyisipkan kata kunci pada sebuah judul merupakan hal yang baik, bahkan menurut blogger "lama" semakin di depan (bagian kiri) keyword diletakkan pada judul akan semakin bagus. Pemberian beberapa variasi kata kunci pada artikel juga diperbolehkan, ingat...!!! jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, karena pemakaian keyword yang berlebihan akan dianggap spam oleh search engine.
-Buatlah Judul Semenarik mungkin, yang mana ketika seseorang membacanya akan tertarik untuk membaca lebih detil.
-Artikel yang Panjang dan Berbobot, merupakan teknik seo paling jitu. Menurut pakar SEO, artikel yang baik itu memerlukan "banyak kata". Meskipun tidak ada jumlah kata yang ditentukan secara resmi, para pengamat SEO menyarankan sebuah artikel memiliki minimal 500. Banyaknya kata bukan berarti mengesampingkan bobot artikel itu sendiri. Buatlah artikel sedetil dan seakurat mungkin, hindari memakai kalimat basa-basi.
-Meskipun bukan hal yang wajib, Backlink masih mempunyai peran bagi sebuah blog. Backlink yang berkualitas akan meningkatkan nilai Pagerank, meskipun tidak meningkat secara signifikan. Backlink yang alami lebih dihargai oleh Search Engine, bukan hasil spamming, farmlink, ataupun sejenisnya.
-Memiliki Traffic yang stabil manandakan sebuah blog disukai oleh visitor. Ketika blog disukai oleh pembaca, otomatis blog tersebut juga disukai Search Engine. Traffic yang baik merupakan hasil dari Real Visitor. Banyak cara untuk meningkatkan Real Traffic, diantaranya
  • Aktif di MediaSosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan sejenisnya.
  • Seperti halnya di MedSos, Aktif di forum-forum online juga dapat meningkatkan visitor blog.
  • Melakukan BlogWalking merupakan hal yang wajib (bagi saya), mengunjungi dan mengomentari artikel pada blog lain tidak hanya meningkatkan traffic, blogwalking juga membuat blog lebih dikenal.
Meskipun aktif di MedSos, Forum dan melakukan Blogwalking dapat meningkatkan visitor, bukan berarti seenaknya melakukan spamming.
Selain cara yang saya sebutkan diatas, yang tidak kalah penting dalam meningkatkan nilai SEO adalah Struktur Blog tersebut, seperti Penggunaan Meta Tag, Heading (h1,h2,h3,...), letak Navigasi, Sitemap, Template dan Widget pendukung.
Untuk saat ini hanya itu saja yang bisa saya tulis sebagai "Anak Baru". Bila (pasti) ada kekurangan saya minta maaf.
Terima kasih sob untuk kunjungannya dan maaf jika waktu kalian terbuang sia-sia karena membaca artikel ini.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments